"Adalah Gubuk reyot yang beratapkan tujuh lapis langit beralaskan tujuh lapis bumi; Adalah seorang pejalan, perlayan, dan perindu yang pendosa; I am a terrible person filled with bad characteristics; Adalah aku yang tiada, tanpa Aku; Adalah aku yang miskin, tanpa Aku; Adalah pembela Nabi Muhammad saw pecinta beliau saw dan merindukan perjumpaan dengan beliau saw "

Sunday 22 November 2009

Fisika tanpa Rumus Terus Dikembangkan

By Republika Newsroom
Rabu, 18 November 2009 pukul 07:02:00


TANGERANG--Pakar fisika Indonesia, Prof Dr Johanes Surya, PhD mengatakan, saat ini dia sedang mengembangkan pembelajaran fisika tanpa menggunakan rumus. Di beberapa daerah, pembelajaran ini telah berjalan dengan baik.

"Dengan belajar fisika tanpa rumus, ini mungkin akan menghilangkan keputusasaan siswa untuk belajar fisika," ujar Johanes pada Seminar Nasional MIPA di Balai Sidang Universitas Terbuka (UT), Pondok Cabe Tangerang, akhir pekan lalu.

Menurut Johanes, bila ditambah dengan multimedia, maka hasilnya akan luar biasa. Jadi nantinya pelajaran matematika terdiri dari gabungan teks, audio, gambar, dan animatif 3-G. ''Contohnya kita akan lihat bagaimana menjelaskan teks orang yang mengajarkan kimia dengan menggunakan lagu, mengerjakan atom dengan lagu, tetapi digabungkan dengan animasi 3-G," jelasnya.

Sementara, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam (MIPA) UT, Yuni Tri Hewindati mengatakan, menghadapi era teknologi bangsa Indonesia dihadapkan pada tantangan serius untuk membangun SDM nasional yang memiliki kompetensi, keterampilan, dan kemampuan profesional yang tinggi.

Menurut Yuni, dukungan iptek di bidang pendidikan dan pembelajaran menjadi sangat penting dan bersifat strategis bagi upaya peningkatan kualitas SDM. "Berangkat dari itu pula, FMIPA UT merasa perlu untuk mengangkat topik tentang multimedia yang kami kemas dalam bentuk seminar nasional bertema 'Pembelajaran Sains dan Teknologi dengan Pemanfaatan Multimedia','' jelasnya.

Tujuan dari seminar ini, kata Yuni, adalah untuk menghimpun gagasan, pemikiran, dan pengalaman dari para pakar akan pengembangan dan pendayagunaan teknologi dari multimedia bagi pembelajaran MIPA. Selain itu, lanjut dia, membuka wawasan akan peluang dan tantangan yang dihadapi pembelajaran MIPA dalam menghadapi perubahan era teknologi yang sangat pesat dan menyediakan informasi tentang berbagi inovasi media pembelajaran MIPA. eye